PROFIL ADAPTABILITAS KARIER MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU
Kata Kunci:
adaptabilitas karier, mahasiswa, Pendidikan Profesi Guru (PPG)Abstrak
Adaptabilitas karier merupakan kompetensi krusial bagi calon guru dalam menghadapi dinamika dan tantangan dunia pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran umum adaptabilitas karier mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Calon Guru Gelombang 2 tahun 2024 Universitas Siliwangi berdasarkan empat dimensi adaptabilitas karier menurut Savickas yaitu kepedulian (concern), pengendalian (control), rasa ingin tahu (curiosity), dan rasa percaya diri (confidence). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 149 mahasiswa sebagai responden. Data dikumpulkan menggunakan Career Adapt-Abilities Scale (CAAS) yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adaptabilitas karier mahasiswa pendidikan profesi guru sebesar 50.34% berada pada kategori adaptif. Simpulan dari penelitian ini adalah gambaran umum adaptabilitas karier mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) berada pada kategori adaptif. Sebanyak 50,34% mahasiswa telah memiliki kemampuan adaptasi yang baik (adaptif), namun sebanyak 49,66% masih berada dalam kategori maladaptif. Secara spesifik berdasarkan dimensi adaptabilitas karier, adaptabilitas karier mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) menunjukkan hasil yang beragam pada setiap dimensinya.