PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN PERMAINAN "MENEBAK TOKOH" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

Penulis

  • Fathin Fadila Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Cooperative Learning, Menulis, Permainan Menebak Tokoh.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X.1 SMAN 5 Denpasar melalui penerapan metode Cooperative Learning tipe STAD yang dikombinasikan dengan permainan edukatif "Menebak Tokoh". Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar menulis teks biografi sebelum tindakan, yaitu nilai rata-rata pra-siklus hanya 63,4 dengan ketuntasan belajar sebesar 32,5%. Selain itu, pembelajaran cenderung monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X.1. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis teks biografi, observasi aktivitas belajar siswa, dan lembar refleksi. Instrumen penilaian menggunakan rubrik berbasis struktur, isi, dan kebahasaan teks biografi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks biografi siswa. Nilai rata-rata naik dari 79,3 pada siklus I menjadi 94,3 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar mencapai 100%. Semua siswa dinyatakan tuntas, termasuk mereka yang sebelumnya memperoleh nilai di bawah KKM.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08