IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 DENPASAR

Penulis

  • Grace Margareth Stevany Sinurat Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kahoot, Minat Belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatan minat belajar matematika siswa melalui penerapan model PBL berbantuan Kahoot!. Studi ini termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan selama dua siklus pelaksanaan. Data didapat dari hasil observasi, angket minat belajar, dan tes hasil kahoot siswa setelah penerapan model PBL berbantuan Kahoot!. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya peningkatan minat belajar siswa setelah penerapan model PBL berbantuan Kahoot!. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase skor angket minat belajar siswa meningkat dari 49% pada pra-siklus menjadi 69% pada siklus I dan terus meningkat hingga 82% pada siklus II. Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yang ditunjukkan dengan bertambahnya persentase ketuntasan dari 60% pada siklus I menjadi 87.5% pada siklus II, serta adanya kenaikan pada rata-rata skor tes akhir. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan Kahoot! dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar. Ini karena suasana belajar menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan kompetitif, yang mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08