UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIGITAL DI KELAS X SMK

Penulis

  • Koming Ari Denawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

hasil belajar matematika, media pembelajaran digital, Problem Based Learning

Abstrak

Matematika berperan besar bagi siswa dalam kehidupan keseharian mereka. Akan tetapi, tenaga pendidik menemukan tantangan dalam membuat matematika menarik bagi siswa untuk dipelajari karena hasil belajar matematika mereka yang masih rendah. Penelitian ini memiliki maksud untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media digital di kelas X SMK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas X TKP 1 di SMK Negeri 1 Denpasar yang berjumlah 26 siswa. Obyek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan metode analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika melalui penerapan Problem Based Learning berbantuan media digital pada siswa kelas X SMK mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan oleh terjadi perbedaan hasil belajar pada pra siklus (ketuntasan belajar 46.2%), siklus 1 (ketuntasan belajar 61.5%) dan siklus II (ketuntasan belajar 80.8%). Peningkatan hasil belajar terjadi dari siklus I ke siklus II, yaitu mengalami kenaikan 15.4%. Mengacu pada hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning berbantuan media digital pada siswa kelas X SMK dapat meningkatkan hasil belajar matematika

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08