PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X TKP 2 SMK NEGERI 1 DENPASAR
Kata Kunci:
Hasil Belajar Matematika, Model Problem Based Learning,, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Proses pembelajaran dianggap sebagai salah satu faktor krusial yang memengaruhi hasil
belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas proses
pembelajaran sekaligus meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model
Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan
kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian mencakup perangkat
pembelajaran seperti Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar, dan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD), serta instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes hasil
belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes. Data dari
lembar observasi dianalisis secara deskriptif naratif, sedangkan hasil tes dianalisis
menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas X TKP 2 SMK
Negeri 1 Denpasar semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 30 orang. Hasil
analisis data kualitatif menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran setelah
penerapan model Problem Based Learning. Berdasarkan analisis data kuantitatif, pada aspek
kompetensi pengetahuan, sebanyak 12 peserta didik (40%) mencapai KKTP pada skor awal,
meningkat menjadi 19 peserta didik (63,33%) pada siklus pertama, dan meningkat lagi menjadi
25 peserta didik (83,33%) pada siklus kedua. Untuk kompetensi keterampilan, jumlah peserta
didik yang memenuhi KKTP meningkat dari 12 orang (40%) pada skor dasar menjadi 18 orang
(60%) pada siklus pertama, dan mencapai 23 orang (76,66%) pada siklus kedua. Dari hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu
memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik
kelas X TKP 2 SMK Negeri 1 Denpasar.