PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 DENPASAR

Authors

  • Siti Ainun Jariah Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Widana Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

membaca pemahaman, SQ3R, teks puisi, SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks puisi siswa kelas VIII-E SMP Negeri 14 Denpasar melalui penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diterapkannya metode SQ3R. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 55,84 pada pra-siklus menjadi 72,05 pada siklus I, dan mencapai 83,81 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga meningkat dari 14% pada pra-siklus menjadi 60% pada siklus I, dan 90% pada siklus II. Metode SQ3R terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, khususnya pada materi teks puisi.

Published

2025-11-08