PEMANFAATAN PODCAST REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Penulis

  • I Nyoman Adi Susrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ade Indar Rahman Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Rumiati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Berbicara,, Berpikir Kritis, Podcast Reflektif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X DKV I
SMK Negeri 1 Denpasar dalam pembelajaran berbicara Bahasa Indonesia melalui pemanfaatan
media podcast reflektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan dua siklus berdasarkan model Kemmis dan McTaggart. Data dikumpulkan
melalui observasi, tes keterampilan berpikir kritis, jurnal refleksi, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan podcast reflektif secara bertahap mampu
meningkatkan partisipasi siswa dalam menyampaikan gagasan, membangun struktur berpikir
logis, serta menumbuhkan keberanian berbicara secara kritis. Rata-rata nilai berbicara siswa
meningkat dari 68,0 pada kondisi awal menjadi 81,8 pada Siklus II, dan tingkat ketuntasan
belajar meningkat dari 35% menjadi 97%. Temuan ini menunjukkan bahwa podcast reflektif
merupakan strategi inovatif yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan
berpikir kritis siswa secara simultan dan berkelanjutan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08