INTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KESANTUNAN BERBAHASA SISWA
Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Kesantunan Berbahasa, Profil Pelajar PancasilaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan integrasi Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesantunan berbahasa siswa kelas X TKJ-3 SMKN 1 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif berupa tindakan kelas dengan model Kemmis & McTaggart. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara, dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan, memperoleh gambaran yang jelas bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan setelah diberikan tindakan berupa integrasi Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesantunan berbahasa siswa kelas X TKJ-3 SMKN 1 Denpasar. Terbukti dari hasil tes siswa yang terus mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tes awal (pre-test) sebesar 65,5 kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 81,9, dan terus meningkat hingga siklus II naik dengan nilai rata-rata 91,6. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kesantunan siswa. Penelitian ini berimplikasi pada proses pembelajaran yang mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kesantunan berbahasa siswa. Dengan demikian, guru dapat merancang pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan dan inovatif, tetapi juga memotivasi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan berkomunikasi dengan santun, sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.