PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA LKPD DAN QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 DENPASAR
Kata Kunci:
Hasil Belaja, Media LKPD, Problem Based Learning (PBL), QuizizzAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri 1 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan aplikasi Quizizz. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi trigonometri yang belum mencapai Angka ketuntasan minimal (AKM). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 56,67% pada pra-siklus menjadi 78,79% pada siklus I dan 94,12% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 77,50 pada pra-siklus menjadi 83,50 pada siklus I dan 90,25 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media LKPD dan Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.