PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TKJ 3 DI SMKN 1 DENPASAR

Penulis

  • Nur Wahyuni Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Dharma Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Discovery Learning, Educaplay, Minat Belajar, Matematika, PTK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas X TKJ 3 SMKN 1 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Educaplay. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing terdiri atas dua pertemuan. Instrumen yang digunakan meliputi observasi dan angket minat belajar. Hasil pra-siklus menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (60,71%) memiliki minat belajar rendah akibat pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Setelah penerapan model pembelajaran pada siklus I, minat belajar siswa mulai meningkat, meskipun 50% siswa masih berada pada kategori rendah. Pada siklus II, penggunaan media Educaplay dan penguatan diskusi kelompok berhasil meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa secara signifikan. Hasil angket menunjukkan bahwa 21,42% siswa memiliki minat belajar sangat tinggi, 53,57% tinggi, dan 25% sedang. Tidak ada siswa dalam kategori rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbantuan Educaplay efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan meningkatkan minat belajar matematika siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08