PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TKJ 3 DI SMKN 1 DENPASAR
Kata Kunci:
Discovery Learning, Educaplay, Minat Belajar, Matematika, PTKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas X TKJ 3 SMKN 1 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Educaplay. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing terdiri atas dua pertemuan. Instrumen yang digunakan meliputi observasi dan angket minat belajar. Hasil pra-siklus menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (60,71%) memiliki minat belajar rendah akibat pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Setelah penerapan model pembelajaran pada siklus I, minat belajar siswa mulai meningkat, meskipun 50% siswa masih berada pada kategori rendah. Pada siklus II, penggunaan media Educaplay dan penguatan diskusi kelompok berhasil meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa secara signifikan. Hasil angket menunjukkan bahwa 21,42% siswa memiliki minat belajar sangat tinggi, 53,57% tinggi, dan 25% sedang. Tidak ada siswa dalam kategori rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning berbantuan Educaplay efektif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan meningkatkan minat belajar matematika siswa.