PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PH 4 SMK NEGERI 5 DENPASAR
Kata Kunci:
Hasil Belajar, LKPD, Problem Based LearningAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas X PH 4 SMK Negeri 5 Denpasar pada materi statistika, yang disebabkan oleh rendahnya keterlibatan siswa dan dominannya metode pembelajaran berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD berbasis kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dokumentasi, kemudian dianalisis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar secara individu maupun klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Ketuntasan klasikal meningkat dari 60% pada pra siklus menjadi 77% pada siklus I, dann mencapai 90% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 76,12% pada pra siklus menjadi 80,4% pada siklus I, dan 82,5% pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD berbasis kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X PH 4 SMK Negeri 5 Denpasar.