MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA E-LEARNING KAHOOT DI SMP NEGERI 6 DENPASAR
Kata Kunci:
kahoot, matematika, motivasi belajar,, penelitian tindakan kelasAbstrak
Rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih menjadi tantangan dalam proses pembelajaran di kelas. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang interaktif dan belum terintegrasi secara optimal dengan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi media e-learning Kahoot dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII-8 di SMP Negeri 6 Denpasar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar yang diukur pada tahap pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari 62% pada pra-siklus, menjadi 75% pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 86% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media Kahoot mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi media e-learning Kahoot terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika.