MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PH 1 SMK NEGERI 5 DENPASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstrak
Rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang ditandai dengan ketidaktuntasannya nilai hasil evaluasi harian dibawah KKM yaitu 60% atau 21 siswa yang dikategorikan belum tuntas Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X PH 1 SMK Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2024/2025 berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan nilai tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan adalah peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika secara klasikal minimal sebesar KKM (75) mata pelajaran Matematika yang ditetapkan di sekolah dan ketuntasan secara klasiklal minimal 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X PH I SMK Negeri 5 Denpasar pada mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan. Persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 62,85% pada siklus 1 menjadi 85,71% pada siklus II. Selain itu nilai rata-rata kelas dari 74,57% menjadi 80,14% pada siklus II. Hal ini dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa X PH 1 SMK Negeri 5 Denpasar.