PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS XI-2 SMA NEGERI 5 DENPASAR

Penulis

  • Mifta Fadila Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ade Andre Payadnya Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Imam Mukhlas Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Discovery Learning, Matematika, Pemahaman konsep, Penelitian tindakan kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XI-2 SMA Negeri 5 Denpasar melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dari pra-siklus hingga siklus II. Rata-rata nilai kelas meningkat dari 60,13 pada pra-siklus menjadi  69,34 pada siklus I kemudian pada siklus II menjadi 86,34. Ketuntasan belajar juga meningkat dari 10 orang (26,32%) peserta didik yang tuntas pada pra- siklus menjadi 20 orang (52,63%) pada siklus I kemudian meningkat menjadi menjadi 31 orang (81,58%) pada siklus II. Penerapan model Discovery Learning terbukti efektif dalam mendorong keterlibatan aktif peserta didik, menumbuhkan rasa ingin tahu, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematika. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sebagai alternatif strategi pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08