PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS XI - 1 SMA NEGERI 5 DENPASAR
Kata Kunci:
Group Investigation, Matematika, Pemahaman Konsep, Pembelajaran KooperatifAbstrak
Pemahaman konsep matematika merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran matematika yang berdampak pada kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan analitis. Namun, pemahaman konsep peserta didik kelas XI - 1 SMA Negeri 5 Denpasar masih tergolong rendah, sebagaimana terlihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation berhasil meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran serta pemahaman konsep mereka. Pada siklus pertama, persentase peserta didik yang mencapai KKM sebesar 45,71%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 77,14%, dengan rata-rata nilai pemahaman konsep yang meningkat dari 77,7 pada siklus pertama menjadi 89,1 pada siklus kedua. Dengan demikian, penerapan model Group Investigation terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik serta keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.