EFEKTIVITAS STRATEGI GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
Kata Kunci:
Antusiasme, Game-based learning, KeaktifanAbstrak
Antusiasme dan keaktifan siswa yang rendah perlu ditingkatkan agar tujuan dari layanan klasikal yang diberikan dapat terpenuhi. Perilaku yang menandai antusiasme dan keaktifan siswa dikatakan baik saat mengikuti layanan klasikal ditunjukkan dengan sikap berani bertanya, mengungkapkan pendapat, bersemangat saat berinteraksi di kelas dan menyelesaikan tugas dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan antusiasme dan keaktifan siswa dengan menggunakan strategi game-based learning. Metode penelitian ini berupa peneltian tindakan bimbingan konseling tipe eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-C yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket evaluasi mandiri dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan komparatif. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan peningkatan antusiasme dan keaktifan siswa sebesar 20,84% jika dibandingkan dengan data awal 63,54%. Peningkatan level merupakan akumulasi hasil dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi game based learning dapat meningkatkan antusiasme dan keaktifan siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal.