PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI SMP NEGERI 6 DENPASAR

Penulis

  • Ulvi Lidia Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe STAD, Peningkatan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model kooperatif tipe STAD pada materi kesebangunan di kelas VII-6 SMP Negeri 6 Denpasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui pemberian tes.penelitian ini melibatkan 26 peserta didik dari kelas VII-6 sebagai subjek. Hasil dari penelitian terlihat bahwa penggunaan model kooperatif tipe STAD belum sepenuhnya efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat terlihat dari data pra-siklus, dimana hanya 2 (7%) peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) dan mengalami peningkatan sebanyak 6 (23%) peserta didik yang dinyatakan tuntas pada siklus 1. Pada siklus 2, hasil belajar peserta didik justru mengalami penurunan dengan tidak ada satupun (0%) peserta didik yang mencapai KKM. Rata-rata nilai peserta didik pada tahap pra-siklus adalah 51,42, mengalami sedikit peningkatan menjadi 54,12 pada siklus 1 namun mengalami penurunan menjadi 50,19 pada siklus 2. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD belum berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Ketidakberhasilan ini diakibatkan karena sebagian peserta didik mengalami penurunan semangat dalam berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelompok dan berdiskusi, beberapa kelompok mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan tugas karena materi dirasakan lebih menantang oleh peserta didik, suasana pembelajaran yang kurang kondusif serta keterbatasan pengelolaan waktu dan pengelolaan peran dalam kelompok masih perlu ditingkatkan guna mendorong seluruh peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08