PENERAPAN PENDEKATAN TaRL (Teaching At The Right Level) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 DENPASAR DALAM MENYUSUN NASKAH DRAMA

Penulis

  • Dewa Gede Bambang Erawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Suliantini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Muhammad Sholehudin Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Teaching at the Right Level, Menyusun, Naskah Drama, Brainstorming

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berfokus untuk mengetahui peningkatan siswa dalam menyusun naskah drama dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) pendekatan ini tentu sangat membantu guru dalam mengetahui sejauh mana siswa memahami materi tersebut, khususnya dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan masing-masing siswa. TaRL membantu guru menyesuaikan pembelajaran agar sesuai dengan level kemampuan siswa, sehingga mereka dapat mencapai level yang lebih tinggi dalam menulis naskah drama. Pendekatan TaRL merupakan pendekatan yang efektif dalam Menyusun naskah drama pada kelas XI-6 P3 SMA Negeri 8 Denpasar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Denpasar dalam rentang satu semester pada tahun ajaran 2024/2025. Implementasi Penerapan pendekatan TaRL Teaching at The Right Level sangat tepat untuk mendesain pembelajaran yang komperhensip untuk menekankan siswa dalam meningkatkan kemampuannya. Dalam penulisan naskah drama siswa mampu mengertahui tujuan yang akan di capai dan memiliki ide-ide dan kreatifitas dalam menulis naskah drama tersebut, peneliti menggunakan metode Brainstorming yang merupakan Teknik yang di pakai untuk menghasilkan atau menciptakan ide-ide, gagasan, kreatif, inovatif dan solusi masalah dengan cara mengumpulkan dan mengembangkan informasi yang telah di dapat sehingga lebih mudah untuk menulis naskah drama. 

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08