MENINGKATKAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN LKPD KOLABORATIF MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
Kata Kunci:
Kerja Sama, LKPD KolaboratifAbstrak
Kerja sama merupakan keterampilan penting bagi peserta didik, terutama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Observasi di kelas VII D SMPN 4 Kediri menunjukkan adanya kurangnya sikap kerja sama, partisipasi, dan komunikasi antar siswa saat berdiskusi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja sama peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya saat mengerjakan tugas kelompok. Kegiatan dilakukan melalui layanan bimbingan klasikal dengan memanfaatkan media LKPD kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan total tiga pertemuan, dimulai dari prasiklus, dilanjutkan siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas VII D. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sikap kerja sama yang signifikan, dengan rata-rata 36% pada prasiklus, meningkat menjadi 41% pada siklus I, dan mencapai 51% pada siklus II. Ini menunjukkan efektivitas LKPD kolaboratif dalam meningkatkan kerja sama siswa.