PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK VIDEO BERBASIS PESONA LOKAL UNTUK MENINGGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XI-7 SMAN 8 DENPASAR DALAM BERMAIN PERAN
Kata Kunci:
Bermain peran, pesona lokal, pembelajaran kontekstualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bermain peran siswa melalui penerapan media video berbasis pesona lokal dalam pembelajaran drama. Latar belakang penelitian adalah rendahnya keterampilan bermain peran siswa kelas XI-7 SMAN 8 Denpasar, yang ditandai dengan kurangnya ekspresi, penghayatan karakter, dan kepercayaan diri saat tampil. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Data dikumpulkan melalui tes (pretest-posttest), penilaian kinerja, observasi, dan dokumentasi. Media yang digunakan berupa video pementasan cerita rakyat Bali yang dipilih dari platform digital. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 57,20. Setelah tindakan pada siklus I, nilai meningkat menjadi 74,46 dan meningkat lagi menjadi 82,85 pada siklus II. Nilai pementasan siswa juga meningkat dari 78,66 pada siklus I menjadi 87,17 pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa video berbasis pesona lokal mampu memperkuat konteks budaya, memotivasi siswa, dan meningkatkan aspek kognitif maupun psikomotorik dalam pembelajaran seni peran. Dengan demikian, media video lokal dinilai efektif dan layak diterapkan sebagai strategi pembelajaran yang kontekstual dan bermakna.