PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING DAN QUIZIZZ DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 14 DENPASAR

Penulis

  • Luh Gede Tirta Saraswati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ledyari Noviyanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Matematika, Minat Belajar, PBL, Penelitian Tindakan Kelas, Quizizz

Abstrak

Penelitian berikut bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model PBL berbantuan Quizizz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan minat belajar peserta didik yang meningkat setelah diterapkan model PBL berbantuan Quizizz. Rata-rata skor observasi minat belajar mengalami peningkatan yaitu  dari 2,4 pada siklus I menjadi 3,22 pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 34,17%. Selain itu, hasil belajar peserta didik meningkat  ditunjukkan dengan peningkatan persentase ketuntasan dari 50% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, serta peningkatan rata-rata skor tes akhir.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08