PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MEDIA QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII.F DI SMP NEGERI 14 DENPASAR
Kata Kunci:
motivasi belajar, quizizz, pembelajaran matematikaAbstrak
Rendahnya motivasi belajar matematika menjadi permasalahan utama di kelas VII.F SMP Negeri 14 Denpasar. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya antusiasme siswa, minimnya antusiasme pembelajaran, partisipasi yang terbatas dalam aktivitas kelas, serta capaian 75% siswa belum mencapai KKM. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat dan ketertarikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika dengan menggunakan media Quizizz dan menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran matematika setelah menggunakan Quizizz di kelas VII.F SMP Negeri 14 Denpasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas VII.F SMP Negeri 14 Denpasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar dari 57,77% (kategori kurang) pada siklus I menjadi 82,39% (kategori baik) pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar tersebut juga terlihat dari meningkatnya antusiasme dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis game seperti Quizizz efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.