Improving Students’ Learning Outcomes Through Guided Inquiry Combined With Kahoot at IX Grade Students
Kata Kunci:
Hasil belajar, Pembelajaran inkuiri, KahootAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini mengkaji keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikombinasikan dengan Kahoot dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas IX di SMPN 6 Denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 3 di SMPN 6 Denpasar yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Untuk siklus I materinya adalah iklan, sedangkan untuk siklus II materinya adalah tentang label. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, pre-test, post-test, dan angket untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas masih di bawah harapan atau belum mencapai ketuntasan optimal; Hal ini dapat dilihat dari rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dan hasil pretest yang menunjukkan dari nilai rata-rata pretest sebesar 66,25 yang berada di bawah nilai ketuntasan minimal. Oleh karena itu, diterapkanlah model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dipadukan dengan Kahoot. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti mencatat peningkatan skor rata-rata pada hasil post-test setiap siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 79,25; pada siklus II, meningkat menjadi 88,5. Selain itu, peneliti juga memberikan kuesioner kepada siswa yang menunjukkan respons positif dengan persentase 99,5%. Oleh karena itu, berdasarkan data yang ada, dapat disimpulkan bahwa inkuiri terbimbing yang dikombinasikan dengan Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa.