PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 6 DENPASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Kata Kunci:
Kooperatif, motivasi belajar, persamaan garis lurus, STADAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisionn (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe STAD menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan hal tersebut dilihat dari hasil angket yang diperoleh setelah dua kali perlakuan kemudian dianalisis berdasarkan enam indikator yang telah ditetapkan selanjutnya dibandingkan sehingga diperoleh pada indikator pertama semulanya 64% terjadi peningkatan menjadi 83%, indikator kedua semulanya 43% menjadi 78%, indikator ketiga semulanya 63% menjadi 88%, indikator keempat semulanya 43% menjadi 93%, indikator kelima semulanya 42% menjadi 90%, dan yang terakhir indikator enam semulanya 51% menjadi 94%.