IMPROVING STUDENTS’ WRITING OF TENTH-GRADE STUDENTS MAJORING TRAVEL AND TOURISM BUSINESS OF SMK NEGERI 5 DENPASAR THROUGH GENRE BASED APPROACH
Kata Kunci:
Kemampuan menulis, Peningkatan, Pembelajaran berbasis genreAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa tentang teks yang menceritakan kejadian lampau dengan menggunakan pendekatan berbasis genre. Partisipan dari penelitian ini adalah 36 siswa dari kelas X Usaha Layanan Wisata 1 di SMK Negeri 5 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan instrumen yang digunakan dalam pencarian data adalah melalui nilai dari tulisan siswa pada kegiatan pra tes, siklus 1 dan siklus 2. Hasil data dari kegiatan pra tes menunjukan bahwa hanya 27.78 % (10 siswa) yang berhasil mendapatkan nilai diatas KKM sementara 63.22 % (26 siswa) mendapatkan nilai dibawah standar. Setelah dilaksanakan pembelajaran berbasis genre pada siklus 1 dan siklus 2 nilai dari kemampuan menulis siswa semakin meningkat secara signifikan, pada hasil siklus 1, 17 siswa (48.57%) mendapatkan nilai diatas KKM. Peningkatan nilai berlanjut pada siklus 2 dimana 26 siswa (72.22%) mendapatkan nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan berbasis genre ini dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka dalam memuat teks menceritakan kejadian lampau dalam berbagai aspek seperti kosakata, struktur kebahasan, mekanisme penulisan, struktur penulisan serta kelacaran dalam menulis.