IMPLEMENTASI MODEL PJBL DENGAN PENDEKATAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERMAIN PERAN SISWA KELAS XI-8 SMA NEGERI 8 DENPASAR

Penulis

  • Ignatia Ari Sayekti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dewa Gede Bambang Erawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Suliantini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Drama, Motivasi, Peran, PjBL, TPACK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan bermain peran peserta didik kelas XI-8 SMA Negeri 8 Denpasar melalui implementasi model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-8 SMA Negeri 8 Denpasar yang memiliki gaya belajar kinestetik. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran di SMA Negeri 8 Denpasar masih menghadapi beberapa tantangan, seperti kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar dan kesulitan dalam mengembangkan keterampilan bermain peran. Berdasarkan hasil observasi awal, peserta didik kelas XI-8 SMA Negeri 8 Denpasar menunjukkan motivasi belajar yang rendah, dengan hanya 30% peserta didik yang menunjukkan motivasi sangat baik. Selain itu, keterampilan bermain peran peserta didik juga masih rendah, dengan hanya 25% peserta didik yang menunjukkan keterampilan bermain peran yang sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PjBL dengan pendekatan TPACK dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dari 30% menjadi 91% dan keterampilan bermain peran peserta didik dari 25% menjadi 81%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar kinestetik lebih suka belajar melalui aktivitas fisik dan pengalaman langsung. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa implementasi model PjBL dengan pendekatan TPACK efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterampilan bermain peran peserta didik kelas XI-8 SMA Negeri 8 Denpasar. Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dan peneliti lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Implikasi penelitian ini adalah bahwa guru dapat menggunakan model PjBL dengan pendekatan TPACK untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan bermain peran peserta didik. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pembelajaran yang efektif dan inovatif di SMA Negeri 8 Denpasar, serta meningkatkan motivasi dan keterampilan peserta didik dalam bermain peran. 

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08