IMPROVING STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING SKILL THROUGH PICTURE-BASED TECHNIQUE IN CLASS XI SENI KARAWITAN STUDENTS OF SMK NEGERI 5 DENPASAR
Kata Kunci:
Penulisan deskriptif, Teknik Berbasis Gambar, siswa vokasional, media visualAbstrak
Menulis merupakan salah satu kompetensi esensial dalam menguasai bahasa Inggris yang diharapkan dapat dikembangkan oleh siswa. Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya program Seni Karawitan yang berfokus pada musik tradisional Indonesia dan seni pertunjukan, kemampuan menulis teks deskriptif memegang peranan penting. Siswa sering kali diminta untuk mendeskripsikan berbagai objek budaya seperti alat musik tradisional, gerakan tari, dan upacara adat. Namun, faktanya, banyak siswa kelas XI program Seni Karawitan masih kesulitan mengekspresikan ide-ide mereka dalam bentuk tertulis, terutama dalam menulis teks deskriptif dalam bahasa Inggris. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskriptif siswa kelas XI program Seni Karawitan di SMK Negeri 5 Denpasar melalui penerapan Teknik Berbasis Gambar. Teknik ini memanfaatkan media visual untuk membantu siswa menghasilkan ide, mengembangkan kosakata, dan menyusun teks yang koheren. Dilakukan dalam dua siklus, penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kinerja menulis, motivasi, dan kepercayaan diri siswa. Temuan ini menyarankan bahwa integrasi gambar dalam pengajaran menulis tidak hanya meningkatkan hasil menulis tetapi juga menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan berpusat pada siswa, terutama dalam konteks pendidikan vokasi berbasis seni.