UPAYA MENINGKATKAN GERAK MANIPULATIF DALAM PERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN TARGET SISWA KELAS IV SD NEGERI KAMPUNGDALEM 4

Penulis

  • Irfan Triari Kusuma Wardana PPG Prajabatan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Ruruh Andayani Bekti Penjaskesrek, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Ali Masrofi Penjaskesrek, SDN Kampungdalem 4, Indonesia

Kata Kunci:

Gerak manipulatif, Permainan Kasti, Permainan Target, Siswa Sekolah Dasar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak manipulatif dalam permainan kasti melalui permainan target dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto (2016) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, angket motivasi siswa, wawancara, dokumentasi, serta asesmen hasil belajar. Nilai rata-rata siswa  mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 58,08 dengan rincian nilai lempar bola 56,25 nilai tangkap bola 70,05 dan nilai memukul bola 47,05 persentase ketuntasan klasikal 75 sebesar 0% (belum tuntas). Kemudian dilanjutkan ke siklus II nilai rata-rata siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 81,25 dengan rincian nilai lempar bola 78,25 nilai tangkap bola 88,05 dan nilai memukul bola 77,0 persentase ketuntasan klasikal sebesar 90% (18 siswa tuntas) dan 10% (2 siswa belum tuntas). Hal ini menunjukan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya KKM 75 telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Kemampuan gerak manipulatif peserta didik meningkat ditandai dengan 90% peserta didik tuntas KKM.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08