MPROVING THE NINTH STUDENTS’ SPEAKING SKILLS THROUGH THE GALLERY WALK TECHNIQUE AT SMP NEGERI 6 DENPASAR

Penulis

  • Pande Made Ayu Maha Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Arsana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Gallery Walk, Speaking Skills, English Language Learning

Abstrak

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk menyelidiki peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan Teknik Gallery Walk. Penelitian ini dilakukan di kelas XI-1 SMP Negeri 6 Denpasar. Jumlah total siswa di kelas ini adalah 40, namun hanya 27 siswa yang berpartisipasi karena 13 siswa secara resmi mendapat dispensasi selama periode pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan bahwa siswa masih menghadapi tantangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara mereka akibat keterbatasan kesempatan untuk berlatih berbicara di kelas, rasa takut membuat kesalahan, dan kurangnya kepercayaan diri. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan Teknik Gallery Walk. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kombinasi tes berbicara (pre-test dan post-test), daftar periksa observasi, dan kuesioner. Uji berbicara digunakan untuk menilai kinerja siswa dalam hal pemahaman, kelancaran, organisasi, ketepatan, dan pelafalan. Alat-alat ini digunakan dalam dua siklus Penelitian Tindakan Kelas untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan berbicara siswa dan sikap mereka. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari post-test 1 ke post-test 2. Pada siklus pertama, 55,56% siswa lulus KKM, dan pada siklus kedua, angka tersebut meningkat menjadi 81%. Hal ini menunjukkan bahwa teknik Gallery Walk membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Selain itu, pengamatan dan kuesioner juga menunjukkan bahwa siswa memiliki kepercayaan diri yang lebih baik, lebih bersedia berkomunikasi, mengambil lebih banyak risiko, dan merasa kurang cemas. Hal ini berarti teknik Gallery Walk efektif dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan berbicara mereka dengan menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, di mana siswa dapat berinteraksi dengan teman sekelas mereka dengan berpindah dari satu stasiun ke stasiun lain.

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-08