GERAK DASAR LOKOMOTOR, NON LOKOMOTOR, DAN MANIPULATIF DALAM PERMAINAN BOLA KASTI PADA SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2025
Kata Kunci:
Pembelajaran, bola kasti, permainan kasbolAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran bola kasti dengan pendekatan permainan kasbol dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sidomulyo Kecamatan Semen pada tahun ajaran 2025. Permasalahan utama yang diangkat adalah apakah penggunaan permainan kasbol dapat memberikan dampak positif terhadap pencapaian belajar siswa dalam materi bola kasti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian berlangsung selama bulan April hingga Mei 2025. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, motivasi dan minat belajar siswa, angket respon siswa, serta tes praktik. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan rumus yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 4,2%, serta peningkatan ketuntasan belajar sebesar 22,1%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kasbol efektif dalam meningkatkan partisipasi dan pencapaian siswa. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru terus meningkatkan kompetensi dalam menyampaikan materi, menerapkan metode yang inovatif, dan mencoba pendekatan kasbol dalam pembelajaran bola kasti. Siswa juga diharapkan aktif mengikuti pembelajaran dan tidak ragu mencoba permainan yang dimodifikasi.