MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING
Kata Kunci:
Perilaku Asertif, Role Playing, Bimbingan kelompokAbstrak
Perilaku Asertif adalah kemampuan untuk bersikap tegas, menolak tanpa menyinggung perasaan orang lain dan membangun hubungan pertemanan dengan orang lain, lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Observasi yang dilakukan pada kelas X di SMA Ngeri 7 Kediri menunjukkan terdapat beberapa peserta didik memiliki perilaku asertif yang rendah/cukup. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif peserta didik dengan teknik role playing melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan total tiga pertemuan, dimulai dari prasiklus, dilanjutkan siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan; perencanaaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah 7 orang peserta didik kelas X-8. Metode penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan komparatif untuk membandingkan data sebelum dan sesudah tindakan selama pelaksanakan setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perilaku asertif peserta didik dengan 32% pada prasiklus, meningkat menjadi 46% pada siklus I kemudian dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 62%, hasil ini menunjukkan bahwa role playing mampu meningkatkan perilaku asertif peserta didik.