PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
pembelajaranIberdiferensiasi, hasil belajar, gaya belaja, siswaAbstrak
Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa peserta didik di SDN Burengan 2 Kediri belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dalam pembelajaran materi aktivitas ekonomi di IPAS, disebabkan oleh metode yang digunakan masih bersifat teacher-centered dan kurangnya interaksi aktif peserta didik, sehingga pemahaman konsep yang diajarkan tidak optimal. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar materi aktivitas ekonomi siswa kelasIV di SDN Burengan 2 Kediri. Studi ini adalah PTK kualitatif yang didasarkan pada modelIKemmis dan McTaggart dan dilakukan dalam dua siklus, dengan perencanaan, tindakan, Iobservasi, dan refleksi sebagai langkah-langkah. Untuk mengumpulkan data, digunakan observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Untuk mengukur peningkatan hasil belajar, digunakan analisis deskriptifIkuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu memenuhi kebutuhan belajar dengan baik.