PENGUATAN LITERASI KEUANGAN ANAK MELALUI PENYULUHAN DAN PROGRAM CELENGAN RIANG

Authors

  • I Made Tamba
  • Ni Nyoman Yudianti Mendra
  • Ni Nyoman Ayu Tri Cahya Artini
  • Lisa Agustin

Keywords:

celengan riang, literasi keuangan, menabung, penyuluhan interaktif

Abstract

Literasi keuangan merupakan kemampuan memahami dan mengelola keuangan secara
tepat, efisien, dan terarah, yang perlu ditanamkan sejak usia dini. Kegiatan pengabdian
masyarakat mengusung tema Penyuluhan Literasi Rajin Menabung Sejak Dini Melalui
Program Celengan Riang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran menabung pada
siswa sekolah dasar. Program ini dilaksanakan melalui penyuluhan interaktif,
permainan edukatif, serta praktik menghias celengan. Hasil kegiatan menunjukkan
ketercapaian 100% dengan partisipasi aktif siswa dan dukungan sekolah. Berdasarkan
penyebaran kuesioner yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pre-test yakni
60,71 dan rata-rata nilai post-test yakni 93,57, dengan nilai signifikansi 0,000 secara
statistik. Hal ini menandakan bahwa pemberian penyuluhan secara interaktif efektif
meningkatkan pengetahuan siswa tentang literasi keuangan dan menabung sejak dini.
Kegiatan ini berhasil menumbuhkan motivasi siswa untuk menabung secara konsisten
dan menyenangkan, serta diharapkan dapat diterapkan secara berkelanjutan di sekolah
lain.

References

Dwijayanti, I. (2024). PENDAHULUAN Di era modern yang penuh dengan tantangan

ekonomi , kesadaran literasi keuangan menjadi kebutuhan mendasar yang perlu

ditanamkan sejak usia dini . Literasi keuangan mencakup kemampuan memahami

, mengelola , dan merencanakan keuangan secara bij. 4, 50–73.

Hatidja, S., Rasyid, A., Ula Ananta Fauzi, R., Hudaeni, N., Oktora, R., Apra Santosa,

T., & Yastanti, U. (2025). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini The

Effectiveness of Financial Literacy Education on Children’s Economic DecisionMaking: A Meta-Analysis Approach. 9(1), 2025–2026.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6738

Isnawati. (2025). Literasi Keuangan Gerakan Gemar. 261–280.

Izzalqurny, T. R., Hikami, A., Hamim, A. R., & Rizkiyah, U. (2022). Edukasi

Pentingnya Menabung Bagi Siswa-Siswi MI Miftahul Huda Desa Duwet Krajan.

Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 5(3), 625–

633. https://doi.org/10.30591/japhb.v5i3.3333

Nursalim. (2025). Edukasi Menabung Sejak Dini Bagi Siswa Sekolah Dasar Early

Saving Education for Students of Muhammadiyah. 13–19.

Nyalian. (2013). Profil Wilayah Desa. https://nyalian.desa.id/artikel/2013/7/29/profildesa

Nyalian. (2018). Sejarah Desa Nyalian.

https://nyalian.desa.id/artikel/2018/8/7/sejarah-desa-nyalian

OJK. (2025). Indeks Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Meningkat, OJK dan

BPS Umumkan Hasil Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan (SNLIK)

Tahun 2025. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/OJK-danBPS-Umumkan-Hasil-Survei-Nasional-Literasi-Dan-Inklusi-Keuangan-SNLIKTahun-2025.aspx

Pitri, R., Azzahra, M. S., Karimah, N., Devi, A. A. K., Iriansyah, M. R., & Alfiah, N.

(2023). Edukasi Dasar Keuangan Siswa SMP Negeri 8 Kota Serang Untuk

Peningkatan Literasi Finansial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Nusantara, 4(4), 4399–4405.

Tesva, S., Asytuti, I., & Saputra, A. A. (2024). Tesva. 3(3), 29–36.

Published

2025-10-27