EDUKASI DAN PRAKTIK PEMBUATAN BIOPORI PADA SISWA dan SISWI SD DI DESA TIMUHUN
Kata Kunci:
Desa Timuhun, Edukasi lingkungan, Lubang Resapan Biopori, Biopori, Sampah, OrganikAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan
kesadaran serta memperluas wawasan masyarakat mengenai pentingnya pelestarian
lingkungan dan upaya pengurangan limbah organik. Kegiatan ini dilaksanakan di SD
Negeri 1 Timuhun dengan melibatkan siswa dan siswi SD. Melalui sosialiasi mengenai
pnetingnya biopori perserta diberikan pemahaman mendalam mengenai sampah
organik, anorganik dan cara mengolah sampah organik. Selain itu, siswa dan siswi juga
dibekali praktik dalam pembuatan biopori. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan
yang signifikan pada pengetahuan dan minat dalam menjaga lingkungan dan
pengolahan sampah organik. Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong masyarakat
untuk lebih mandiri dalam menjaga lingkungan sekitar dan pengolahan sampah
organik.
Referensi
Alfarisi, S., Sihotang, M. K., & Hani, S. (2024). Edukasi Lubang Resapan Biopori
(LRB) salah satu solusi mengurangi sampah organik menjadi pupuk organik di
SMA Gajah Mada Medan. Jurnal Abdimas UPMI, 3(2), 45–52. https://journalupmi.
com/index.php/abdimas/article/view/95
Baguna, F. L., Tamnge, F., & Tamrin, M. (2021). Pembuatan lubang resapan biopori
(LRB) sebagai upaya edukasi lingkungan. Kumawula: Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 4(1), 131–136.
https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32484
Budianto, M. B., Yasa, I. W., Saidah, H., Negara, I. J., Setiawan, E., & Agastya, D.
M. (2024). Edukasi dan penerapan lubang resapan biopori untuk mengurangi
genangan di Desa Suwangi Timur Kecamatan Sakra. Jurnal Pengabdian Magister
Pendidikan IPA, 7(4), 1806–1811. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.10074
Marwanto, A., Jubaidi, J., Mualim, M., Sari, A. K., & Saputra, A. I. (2023).
Pemanfaatan lubang biopori sebagai sistem drainase dan kompos alami di SD 2
Kota Bengkulu. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM),
6(9),3235–3242.
https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/11164
Tapilouw, M. C., Sucahyo, S., Djohan, D., Nugroho, A., Priatama, R. G., Wicaksono,
R. A., Sutanto, S., Sudibyo, S., & Zega, Y. T. (2024). Revitalisasi dan pembuatan
biopori di SMAN 2, SMAN 3 dan SMAK Satya Wacana Salatiga selaras dengan
misi Sekolah Adiwiyata. Jurnal SOLMA, 13(1), 437–
451.https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13385
Fitriani, N., Purwanti, L., & Rahayu, D. (2019). Program praktik pembelajaran bidang
miring sebagai upaya mengetahui pemahaman dan keterampilan siswa. Edukatif:
Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 4548. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4548